Digital Bootcamp - Fast Track Class

Fast Track - Game Development Fundamental

📚 Kenapa harus belajar Game Development Fundamental?

👨‍🏫 Trainer yang akan mengajar 👩‍🏫

foto-trainer-ke-14

Zulkifli Ahyar P

Multimedia & Game Dev Specialist

Game Development, AR/VR Development, Digital Drawing, Graphic Design.

🎯 Target dan Sasaran kelas bootcamp ini

  • Membekali peserta dengan keterampilan untuk mengembangkan aplikasi game sendiri bagi mahasiswa, pelajar dan profesional yang ingin memperluas skill praktis..
  • Memberikan pemahaman dasar dan keterampilan teknis dalam pengembangan game 2D/3D menggunakan tools populer seperti Unity 3D, sebagai bekal portofolio dan peluang kerja di industri kreatif digital.
  • Membimbing peserta yang memiliki passion di dunia game agar mampu membuat game sederhana secara mandiri, serta memahami alur produksi game dari konsep hingga prototipe.
  • Menyiapkan peserta dengan skill teknis dan mindset produksi game agar bisa memulai karier sebagai freelancer, membangun portofolio game digital, atau merintis studio game indie sendiri.
  • Profesional IT atau Non-IT yang ingin switch Career ke Dunia Game. Memberikan landasan teknis dan pemahaman menyeluruh bagi peserta dari latar belakang non-teknis agar dapat memahami logika pengembangan game dan beradaptasi di industri teknologi kreatif

💻 Topik yang akan dipelajari

  • ……………

  • ……………

  • ……………

  • ……………..

  • …………

  • …………

  • …………..

  • ………

🎁 Benefit yang didapat

ikon-dibimbing-it=expert

Dibimbing IT Expert &
Top Level Management Industri

ikon-fleksibelitas-program

Fleksibilitas Program dan
Fokus Skillset Tertentu

ikon-sertifikat

Sertifikat Diterbitkan CCIT FT-UI
(Universitas Indonesia)

ikon-belajar-dan-upgrade

3+ Bulan Belajar & Upgrade Skill Bareng Praktisi Top Industri

ikon-pendamping-24jam

Pendampingan Personal dan
24 Jam Akses Materi via LMS

ikon-bonus-eksklusif

Bonus Eksklusif 2 Materi Soft Skill
Buat Siap Kerja!

⚙️ Tools yang akan digunakan

Unity 3D

Blender

Pain Studio

Adobe Photoshop

📝 Proyek yang akan dikerjakan

  • ……….
  • ……….

🏢 Prospek karir

📢 Untuk siapa kelas ini?

  • Mahasiswa (UI & Non UI) dan Umum yang ingin belajar dan memperkaya portofolio di bidang pegembangan aplikasi game
  • Pemula yang Ingin Jadi Game Developer
  • Freelancer atau Indie Game Developer
  • Product Manager / Tech Enthusiast
  • Peminat Game dan Hobi Teknologi yang Ingin Naik Level
  • Content Creator atu Desainer yang Ingin Membuat Game Sendiri

🕣 Jadwal

  1. Live Zoom setiap Senin s.d Jumat pukul 19.00 – 22.00 (Malam)
  2. Durasi kelas 2,5 – 3 jam per sesi selama 5 hari.
  3. Kelas dimulai tanggal 28 Juli s.d 1 Agustus 2025.

🗂️ Teknis Pelaksanaan

  1. Peserta yang melakukan pendaftaran, wajib join di group Whatsapp yang diberikan.
  2. Setiap sesi live akan dilaksanakan secara online menggunakan Zoom selama 5x pertemuan dilanjutkan dengan project portofolio.
  3. Peserta wajib aktif di platform LMS (Learning Management System) baik dalam pembelajaran maupun forum kolaborasi.
  4.  Peserta dapat mendownload ataupun mengakses materi belajar termasuk sampel source code (khusus kelas programming) di LMS.
  5. Peserta dapat bertanya dan berdiskusi dengan mentor dan peserta lain terkait materi, tugas dan konsultasi di LMS.

Module 1: Overview of Mobile Apps Development

Topic: Overview

  • Get to know Mobile Apps Development
  • Short History of Mobile Apps
  • Knowing Mobile Apps Development Ecosystem
  • Mobile Apps Types

Module 2: Introduction to SDLC (Software Development Life Cycle)

Topic: Overview of SDLC

  • Introduction to SDLC
  • SDLC Models & Methodologies

Topic: Understanding SDLC Process

  • Phase 1 – Planning & Requirement Analysis
  • Phase 2 – System Design & Architecture
  • Phase 3 – Development & Coding Standards
  • Phase 4 – Testing & Quality Assurance

Module 4: Kotlin Programming Advanced

Topic: Initial Setup

  • Android Studio Setup
  • Setup & Configure Android SDK
  • Create Android Project
  • Hands-on Activities:
    – Install & configure Android Studio with an emulator
    – Create & run a basic Android project using Kotlin
    – Explore AndroidManifest.xml & Gradle configurations

Topic: Jetpack Compose

  • Composable
  • Scaffold, Box, Column & Row
  • Composable State & Side Effect
  • Lazy Column & Lazy Row
  • User Input & Button
  • Styling
  • Composable Preview
  • Navigation & Routing
  • Hands-on Activities:
    – Build a simple UI with Jetpack Compose
    – Implement interactive user input forms
    – Create a multi-screen app with Jetpack Navigation

Topic: State Management

  • ViewModel
  • Defining State Using Data Class
  • Kotlin Coroutine, StateFlow & MutableStateFlow
  • Hands-on Activities:
    – Implement StateFlow & ViewModel in Jetpack Compose
    – Build a reactive UI that updates dynamically
    – Manage loading, success, and error states with sealed classes

Topic: Clean Architecture

  • Project Folder Structure
  • Data, Domain & Presentation
  • Dependency Injection With Dagger Hilt
  • Remote Data Source With Retrofit
  • Repository & Use Case
  • Local Data Source WIth Room Database
  • Hands-on Activities:
    – Implement Hilt for dependency injection
    – Connect Retrofit API calls to ViewModel
    – Build a local database with Room & integrate it with UI

Module 6: Firebase Integration

Topic: Firebase Setup

  • Create Firebase Project
  • Install Firebase Plugins
  • Hands-on Activities:
    – Set up Firebase for an Android project
    – Install Firebase SDK & configure services

Topic: Firebase Authentication

  • Email & Password Auth
  • Anonymous Auth
  • Hands-on Activities:
    – Implement email & password authentication
    – Allow anonymous sign-in & upgrade to permanent accounts

Topic: Firebase Firestore

  • Collections & Documents
  • CRUD Operation
  • Subscribe to Collection & Document Changes
  • Hands-on Activities:
    – Implement CRUD operations using Firestore
    – Create a real-time chat application using Firestore

Topic: Firebase Cloud Messaging

  • Notification Permission
  • Request FCM Token
  • Send Notification to Android Client from Firebase Dashboard
  • Hands-on Activities:
    – Set up Firebase Cloud Messaging
    – Send push notifications from Firebase Console
    – Handle notification clicks & background messages

Module 3: Kotlin Programming Fundamental

Topic: Initial Setup

  • Intellij Idea Setup
  • Create Kotlin Project
  • Hands-on Activities:
    – Install IntelliJ IDEA & Android Studio
    – Create and run a Hello World Kotlin project
    – Explore Kotlin REPL (Read-Eval-Print Loop) for quick scripting

Topic: Kotlin Basics

  • Variable & Data Types
  • String Interpolation
  • Condition & Looping
  • Function & Scope
  • Lambda
  • Scope Function
  • Hands-on Activities:
    – Write a Kotlin script to explore data types & conditionals
    – Implement looping mechanisms to process lists & arrays
    – Refactor functions using Lambda & Scope Functions

Topic: Kotlin OOP

  • Class & Object
  • Constructor & Secondary Constructor
  • Inheritance & Polymorphism
  • Interface
  • Data Class & Sealed Class
  • Companion Object
  • Hands-on Activities:
    – Create a Kotlin class with primary & secondary constructors
    – Implement interfaces & polymorphism with real-world examples
    – Use sealed classes for managing UI states in Android

Module 5: Mobile Apps UI/UX Design with Figma

Topic: Introduction to UI/UX Design

  • Understanding the difference between UI & UX
  • Importance of UI/UX in mobile applications
  • Basic principles of good mobile app design

Topic: Intoduction to Figma

  • Overview of Figma interface & tools
  • Creating and managing a new design file
  • Understanding frames, layers, and artboards

Topic: Creating UI/UX Design for Mobile Apps

  • Research & Wireframing
  • UI Design & Styling
  • Prototyping & Testing
  • Hands-on Exercise:
    – Develop and implementing simple UI/UX design for mobile apps

Module 7: Location Service

Topic: Android Permission

  • Requesting Location Access Permission
  • Best Practice Permission Result Handling
  • Hands-on Activities:
    – Implement runtime permission requests
    – Handle user-denied permission scenarios

Topic: Android Service & Worker

  • Background & Foreground Service
  • Foreground Service Notification
  • Hands-on Activities:
    – Implement a foreground service with a persistent notification
    – Schedule background tasks using WorkManager

Topic: Location Client

  • Setup Location Client to Access Real Time Location
  • Showing Location Tracking Result using Google Maps SDK
  • Hands-on Activties:
    – Implement real-time location tracking using Google Maps SDK
    – Display user’s movement on a live map

Module 8: Project Portofolio

Topic: Projects

Topic: Assesment / Uji Kompetensi

Digiskillhub - WEB_FAST_GAME DEV

Premium

Rp.2.000.000

Biaya Pelatihan

Rp.600.000

Frequently Asked Question

Tidak. Kursus ini dirancang dan disesuaikan  untuk pemula , mahasiswa, umum dan profesional tanpa latar belakang IT. Materi disusun secara bertahap, mulai dari dasar hingga tingkat lanjut, sehingga dapat diikuti oleh siapa saja.

Ya. Setelah menyelesaikan seluruh materi dan tugas yang diberikan, Anda akan menerima sertifikat resmi dikeluarkan oleh CCIT FT Universitas Indonesia (UI) yang dapat digunakan untuk melamar pekerjaan atau menambah portofolio profesional.

Kursus ini menggunakan metode blended learning, yaitu kombinasi antara:

  • Belajar mandiri melalui platform e-learning, di mana peserta dapat mengakses materi, video, dan tugas kapan saja.
  • Virtual meet via Zoom (live session) bersama mentor, dijadwalkan secara rutin untuk diskusi, tanya jawab, atau membahas topik penting secara interaktif.
    Metode ini memberikan fleksibilitas belajar sekaligus pengalaman interaktif dengan pendampingan mentor.

Ya. Kami menyediakan forum diskusi, sesi tanya jawab bersama mentor, serta dukungan teknis untuk membantu Anda selama proses belajar.

Untuk kursus secara umum (selain Mobile Development), perangkat minimal yang disarankan adalah:

  • Prosesor: Minimal Dual-core, seperti Intel Core i3 generasi ke-6 atau AMD Ryzen 3 2200U
  • RAM: Minimal 4GB (disarankan 8GB)
  • Sistem Operasi: Windows 10, macOS 10.13 atau versi lebih baru
  • Koneksi Internet: Stabil, minimal 10 Mbps

    Untuk kursus Mobile Development dan Game Development, disarankan:
  • Prosesor: Quad-core, seperti Intel Core i5 generasi ke-8 atau AMD Ryzen 5 3500U
  • RAM: Minimal 8GB (disarankan 12GB atau lebih)
  • Penyimpanan: SSD minimal 256GB

Ya. Kursus ini bekerja sama dengan CCIT FT Universitas Indonesia, sehingga sertifikat yang diterbitkan memiliki kredibilitas tinggi dan dapat menjadi nilai tambah pada CV Anda.

Durasi kelas intensive bootcamp adalah 3 bulan, dengan sesi live melalui Zoom 2 kali dalam seminggu, masing-masing berdurasi 3 jam. Jadwal berlangsung pada hari kerja (weekdays) pukul 19.00 – 22.00 WIB atau hari libur (weekend) pukul 09.00 - 12.00

Durasi kelas fast track adalah 5 hari, dengan sesi live melalui Zoom 5 kali dalam seminggu, masing-masing berdurasi 3 jam. Jadwal berlangsung pada hari kerja (weekdays) pukul 19.00 – 22.00 WIB atau hari libur (weekend) pukul 09.00 - 12.00

Ya. Materi kursus dapat diakses kapan saja melalui platform LMS atau LXP, sehingga Anda bisa belajar secara fleksibel di luar jadwal live session.

Ya. Tugas diberikan di setiap akhir pertemuan. Selain itu, peserta akan mengerjakan proyek nyata (real project) sebagai bagian dari proses belajar dan portofolio.

Ya. Kursus ini berbayar, namun Anda akan mendapatkan akses seumur hidup ke seluruh materi pembelajaran, termasuk video, modul, dan forum diskusi.

Ya. Peserta akan mendapatkan bimbingan langsung dari mentor profesional, serta akses ke group chat khusus untuk berdiskusi dan berkonsultasi.

Tidak ada tes masuk untuk dapat mengikuti program di Digiskill Hub, semua orang dengan latar belakang apapun dapat mengikuti program ini

Ingin belajar skill digital menarik lainnya?

Kami juga ada program Fast Track Class lainnya — pembelajaran mendalam dan langsung praktik bareng mentor!